Tuesday, November 4, 2014

PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT NYAMUK BAGI KEHIDUPAN MANUSIA



Sebenarnya judul ini terpikirkan karena entah mengapa akhir-akhir ini banyak sekali nyamuk yang bergentayangan dan siap menyerang kapan saja saat kita sedang lengah. Bayangkan saja saat saya sedang makan ada aja nyamuk yang ngerubungi, saat main gitar ada juga nyamuk ngerubungi, apalagi kalau saya tidur pasti sudah dikerubungi banyak nyamuk pastinya. Nah hal ini tentu saja membuat saya jengkel dan tiba-tiba bertanya, apakah nyamuk memiliki manfaat bagi manusia? sepertinya mereka hanya mengganggu dan memberikan banyak penyakit!.

Kegundahan dan kegelisahan tersebut membawa saya untuk sedikit melakukan pencarian tentang manfaat dari nyamuk itu sendiri. Nah dari pencarian tersebut, ternyata saya mendapatkan banyak fakta mengenai manfaat nyamuk. Nyamuk yang selama ini menurut kita sangat mengganggu dan sepertinya tidak memiliki manfaat, ternyata juga memiliki manfaat bagi kehidupan kita. Kira-kira apa saja manfaat nyamuk bagi kehidupan kita? ini dia ulasanya :



1. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Ekonomi

Dari sisi ekonomi ternyata nyamuk memiliki peran disini. Ternyata nyamuk juga bisa mengakibatkan terciptanya beberapa lapangan kerja seperti, pabrik obat nyamuk dan dokter. Bisa dibayangkan jika tidak ada nyamuk di dunia ini sudah pasti yang namanya obat nyamuk tidak akan dibuat dan otomatis kalau tidak ada pabrik pembuatan obat nyamuk pastinya juga tidak akan ada pekerjanya sehingga akan mengurangi satu lagi sumber mata pencarian. Begitu juga dengan dokter, dimana kalau tidak ada penyakit seperti malaria tentunya, DBD, ataupun cikungunya tentunya pasien juga akan berkurang dong.


2. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Lingkungan

Nyamuk memiliki banyak peran bagi lingkungan seperti :
Membantu proses penyerbukan tananaman coklat
Membantu menyebarkan bakteri patogen
Larva nyamuk menghasilkan zar nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman
Sebagai indikator dini permasalahan kesehatan


3. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Teknologi

Dari sisi Teknologi nyamuk memiliki peran dimana kehadiranya membuat kita sebagai manusia terus berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga dapat mendorong terciptanya jenis-jenis obat anti nyamuk seperti obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektrik dan sebagainya.

4. Peran, Fungsi dan Manfaat Nyamuk Dari Segi Manusia
Sebagai manusia tentunya kehadiran nyamuk membuat kita menjadi lebih waspada, dan lebih mendorong kita untuk hidup bersih dan juga sangat membantu kita untuk lebih peduli dengan keadaan dan lingkungan di sekitar kita.

Nah itulah beberapa peran, fungsi dan manfaat nyamuk bagi kehidupan. Bagaimana? ternyata hewan kecil yang selama ini kita anggap sebagai hama pengganggu juga memiliki peran yang dapat memberikan manfaat bagi kita. Sang Pencipta tidak mungkin menciptakan sesuatu sia-sia tanpa ada manfaat dan juga maksud serta tujuanya. Untuk itulah semoga kita bisa lebih memperhatikan lagi keadaan disekitar kita. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan juga informasi yang berguna ya bagi kita semua, terimakasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

PERAN, FUNGSI DAN MANFAAT NYAMUK BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
4/ 5
Oleh BEDENAI INFO

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Comments
0 Comments