Wednesday, February 10, 2016

SEJARAH ASAL MULA KOTA PERAWANG



Perawang adalah sebuah ibu kota kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Dimekarkan sekitar tahun 1999 yang dahulunya adalah sebuah desa Kecamatan Siak sebelum dimekarkan dari kabupaten induk yaitu Kabupaten Bengkalis.
Menurut cerita dari masyarakat setempat, dahulunya desa (sebelum menjadi kota) ini hanya dihuni seorang gadis yang masih perawan, sehingga para pendatang yang tiba kemudian di desa ini menyebutnya Perawan, yang lama-lama berubah menjadi Perawang.
Tidak banyak sejarah pasti yang mengutarakan berdirinya kota ini, namun kalau bisa kita tinjau awal permulaan kota ini berasal dari sebuah dusun tepi Sungai Siak (Desa Perawang) dan semakin berkembang seiring berdirinya perusahaan SURYA DUMAI & IKPP. Saat ini Perawang sudah berkembang menajadi sebuah kota industri dengan fasilitas pendukungnya antara lain Gadjah Tunggal Square hingga Persada Indah Square serta beberapa perusahaan lainnya yang beroperasi di kota kecil ini.
Perawang secara umum berada pada daerah dataran dimana sektor industri pengolahan merupakan motor penggerak perekonomian yang sangat dominan tidak saja bagi Perawang sendiri tapi juga menjadi sektor andalan Kabupaten Siak. Sehingga tidak berlebihan apabila daerah ini disebut daerah industri.
nah demikian sedikit gambaran tentang asal muasal nama kota perawang menurut masyarakat setempat. Jika ada tambahan mengenai asal muasal nama kota perawang silahkan tulis di kolom komentar :)

Bagikan

Jangan lewatkan

SEJARAH ASAL MULA KOTA PERAWANG
4/ 5
Oleh BEDENAI INFO

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Comments
0 Comments